Eka Dian, Atlet Panjat Asal Tuban dan Kisah Menariknya saat Berlatih di Jepang

Home / Olahraga / Eka Dian, Atlet Panjat Asal Tuban dan Kisah Menariknya saat Berlatih di Jepang
Eka Dian, Atlet Panjat Asal Tuban dan Kisah Menariknya saat Berlatih di Jepang Eka Dian Krismawati, atlet panjat asal Kabupaten Tuban yang masuk di tim Puslatda Jatim untuk PON Papua 2020, Senin, (24/02/2020). (Foto: Istimewa)

TIMESBONTANG, TUBANEka Dian Krismawati, atlet panjat asal Kabupaten Tuban yang masuk di tim Puslatda Jatim untuk PON Papua 2020, memiliki cerita unik saat menempuh pemusatan latihan di negara Jepang.

Bersama belasan atlet panjat Puslatda Jatim lainnya, gadis lulusan SMAN 3 Tuban ini melakukan pemusatan latihan di negeri Sakura selama satu bulan pada akhir tahun 2019 hingga awal Januari 2020 kemarin.

Atlet Binaan KONI Tuban bercerita bahwa banyak hal unik dan menarik saat berada di Jepang, terlebih saat melakukan sesi latihan bersama dengan atlet panjat nasional dari negara tersebut.

atlet-panjat-asal-Kabupaten-Tuban-b.jpg

Ia menceritakan jika tempat latihan saat di Jepang berlokasi di kota Ogikubo untuk lead boulder, dan di kota Takisima untuk latihan di kategori speed. Agenda latihan mulai pukul 09.00 pagi sampai 18.00 petang waktu setempat.

"Ada perkenalan juga dengan atlet panjat Jepang. Bahkan atlet Jepang sempat terkesima dengan kemampuan speed kita atlet Jatim," beber gadis kelahiran 8 Juli 2000 ini, Senin (24/02/2020).

Menurut Dian, atlet Jepang amat terkesima dan juga mengakui kemampuan panjat speed atlet Indonesia. "Bahkan mereka sampai mem-video dan mengamati bagaimana latihan speed kita," sambungnya.

atlet-panjat-asal-Kabupaten-Tuban-c.jpg

Sebaliknya, kalau di kategori lead, atlet Jepang hebat-hebat semua. "Karena memang Jepang terkenal juara dunia panjat di kategori lead. Kalau Indonesia di kategori speed," imbuhnya.

Selain berlatih, Dian mengaku juga memiliki pengalaman unik lain seperti tempat latihan panjat dengan fasilitas yang sangat bagus. "Tempat latihan di sana poin dan media lebih bagus serta memadai. Indonesia tidak ada apa apanya jika dibandingkan di sana," ujarnya sembari tersenyum.

Hal unik lainnya adalah dari segi makanan. Dian mengaku harus pilih-pilih makanan saat di Jepang. "Makanan kita pilih-pilih karena menghindari makanan haram," imbuhnya.

Di negeri Sakura, Dian juga mengaku takjub dengan budaya tertib dan bersih masyarakat setempat. "Negaranya sangat bersih dan tertib sekali," jelasnya.

Usai menempuh pemusatan latihan di Jepang, Eka Dian mengaku semakin bersemangat dan termotivasi untuk terus berlatih demi meraih prestasi terbaik. "Ya supaya nanti bisa meraih medali saat di PON Papua 2020. Doanya saja semuanya," ujar atlet panjat andalan Tuban ini. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com