Tips Menjaga Puasa Ramadhan

Home / Kopi TIMES / Tips Menjaga Puasa Ramadhan
Tips Menjaga Puasa Ramadhan Muhammad Yunus, Dosen Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Islam Malang. (Grafis: TIMES Indonesia)

TIMESBONTANG, MALANGSELAMAT berpuasa sobat semuanya. Alhamdulillah saat ini kita umat Islam sudah memasuki 10 hari kedua dari perjalanan Ramadhan 1440 H. seperti yang disampaikan Rosulullah Nabi Muhammad SAW, 10 hari kedua adalah ampunan Allah SWT. Namun demikian sepertinya ritme ibadah kita naik atau justru menurun ya. Shalat taraweh sepertinya sudah berkurang, mulai malas bangun sahur dan sebagainya. Kali ini kita akan mendapatkan paparan dari Muhammad Yunus, M.Pd. dosen Universitas Islam Malang tentang bagaimana menjaga puasa Ramadhan kita.

1. Sabar

Sabar tidak hanya ketika kita mendapatkan musibah. Sabar juga harus diekspresikan ketika kita senang dan ketika kita beribadah. Orang yang putus asa karena orang tersebut tidak sabar. Begitu juga dalam hal berpuasa, sabar harus dikedepankan dalam kondisi apapun. Karena pahala yang akan didapat selain pahala ibadah kita, juga pahala sabar itu sendiri.

2. Istiqomah

Konsisten sampai selesai adalah pekerjaan orang professional. dalam hal ibadah kita juga harus demikian bahkan terus meningkat dan jangan menurun. Apa saja yang harus dijaga, tentu yang pertama adalah puasa terus kita jaga, taraweh, shalat malam, sahur, mengaji al quran, mengikuti majlis taklim, dan bersodaqoh. Ini semua harus terus kita jaga karena beberapa amal hanya ada di bulan Ramadhan seperti taraweh.

3. Tidak tergiur dengan gemerlap mall

Lah ini yang agak susah, akahir Ramadhan biasanya ditandai sepinya masjid dan ramainya mall. Masyarakat mulai mempersiapkan diri untuk Idul Fitri. Namun demikian kita perlu mengatur waktu kapan harus ke mall kapan harus ibadah,. Jangan sampai ibadah kita kalah dengan agenda ke mall.

Itu dulu tipsnya semoga kita mampu meeningkatkan puasa kita yang akhirnya lulus menjadi manusia paripurna, yaitu orang-orang yang bertaqwa, aamiin yaa Rab. (*)

Penulis: Muhammad Yunus, Dosen Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Islam Malang.

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com