Selain Sinar Matahari, Makanan Sehat Ini Juga Sumber Vitamin D

Home / Gaya Hidup / Selain Sinar Matahari, Makanan Sehat Ini Juga Sumber Vitamin D
Selain Sinar Matahari, Makanan Sehat Ini Juga Sumber Vitamin D Ilustrasi minum susu.

TIMESBONTANG, JAKARTAVitamin D punya peran penting untuk kesehatan. Selain membantu penyerapan kalsium dari makanan yang dikonsumsi, vitamin D juga dapat menjaga kadar fosfor dalam darah. Keduanya merupakan faktor penting untuk menjaga kesehatan tulang. Selain dari matahari, Anda bisa mendapatkan vitamin D dari beberapa makanan sehat.

Melansir dari berbagai sumber, berikut makanan sehat sumber vitamin D ya g bisa Anda konsumsi.

1. Kuning telur

Kuning telur merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin D. Dalam satu buah kuning telur setidaknya terkandung sekitar 40 IU vitamin D. Jika Anda tertarik untuk mendapatkan vitamin D dari telur, jangan konsumsi secara berlebih. Sebab, satu telur beserta putih telurnya, sekiranya mengandung 200 miligram kolesterol. Sebuah organisasi kesehatan pun tidak menganjurkan konsumsi telur lebih dari 300 miligram per hari demi kesehatan jantung Anda.

2. Salmon

Salmon merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin D, sumber protein, dan kaya akan kandungan Omega-3 yang dibutuhkan oleh tubuh. Sebuah organisasi kesehatan menyebut, 3 ons ikan salmon yang sudah dimasak mengandung sekitar 447 IU vitamin D. Ikan lain yang juga memiliki kandungan vitamin D sama tingginya dengan salmon di antaranya yaitu ikan tenggiri, ikan sarden, dan ikan todak atau swordfish.

3. Sarden

Ikan sarden cukup mudah ditemukan di pasaran. Ikan ini dapat diolah menjadi beragam sajian. Sarden menjadi salah satu sumber vitamin D yang tepat. Setiap satu porsi sarden (100 miligram) mengandung 272 IU atau 45 persen dari kebutuhan vitamin D harian.

4. Udang

Udang mengandung kadar lemak yang rendah. Dalam satu porsi udang, tersimpan sebanyak 152 IU vitamin D. Selain itu, udang juga mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat. Hal lain yang perlu dicatat, udang juga mengemas 152 miligram kolesterol dalam setiap porsinya. Beberapa pihak mengklaim bahwa kolesterol dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

5. Jamur

Jamur juga menjadi salah satu sumber vitamin D. Sama seperti manusia, jamur dapat mensistesis vitamin D saat terkena paparan sinar UV. Jamur liar adalah sumber vitamin D2 yang sangat baik. Vitamin D2 dapat membantu meningkatkan kadar vitamin D dalam darah.

6. Susu

Penuh kalsium dan lemak, manfaat susu bagi kesehatan tubuh sudah tidak perlu diragukan lagi. Susu juga mengandung vitamin D yang baik untuk menjaga kesehatan tulang dan merawat kekuatan gigi. Dalam setiap 175 ml susu, terdapat sekitar 98,7 IU vitamin D.

7. Keju cheddar

Keju cheddar adalah jenis keju yang diolah dari susu sapi dan telah mengalami proses pasteurisasi selama beberapa waktu. Selain rasanya yang lezat, makanan sehat ini memiliki kandungan Vitamin D dan sejumlah vitamin lainnya seperti vitamin A, B12, E, dan K bermanfaat bagi tubuh, terutama dalam melawan radikal bebas penyebab kanker. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com