Berapa Bobot Aman Tas Sekolah Anak-Anak?

Home / Gaya Hidup / Berapa Bobot Aman Tas Sekolah Anak-Anak?
Berapa Bobot Aman Tas Sekolah Anak-Anak? Anak Sekolah Pakai Tas (FOTO: Republika)

TIMESBONTANG, JAKARTA – Liburan telah usai, saatnya anak-anak kembali ke sekolah. Salah satu perangkat sekolah yang wajib dimiliki anak sekolah adalah tas. Ya, tas sekolah berfungsi untuk menaruh barang bawaan seperti buku, alat tulis hingga bekal.

Namun tahukah Anda, ada bahaya mengintai pada anak-anak jika tas terlalu berat? Penelitian menyebutkan membawa tas yang terlalu berat dapat menyebabkan sejumlah risiko bagi kesehatan, seperti nyeri punggung atau membuat postur tubuh menjadi tidak tegap.

Sekelompok peneliti dari University of Granada dan Liverpool John Moores University membuat riset untuk mengetahui berapa bobot maksimal tas sekolah bagi anak.

Peneliti mengungkapkan jika anak memakai tas troli, beban maksimalnya yakni 20% dari berat badan si kecil. Sedangkan jika anak memakai tas ransel, sebaiknya tidak lebih dari 10% berat badannya. Semakin berat isi tas ransel, semakin berbahaya bagi kesehatan punggungnya.

Hal itu terungkap dari sebuah eksperimen yang dilakukan peneliti dari University of Granada dan Liverpool John Moores University. Mereka meneliti 49 murid usia sekolah dasar yang diminta untuk menggunakan beberapa jenis tas sambil dianalisis pergerakan tubuhnya.

Eksperimen dilakukan dengan cara berjalan tanpa membawa beban apapun, berjalan sambil membawa tas ransel atau backpack, serta membawa tas troli dengan bobot 10%, 15%, dan 20% dari berat badan anak.

Hasilnya pemakaian tas ransel dan tas troli memiliki perbedaan signifikan dalam bebannya terhadap bagian pinggul dan pantat. Sementara itu, beban yang ditumpu di bagian lutut dan tumit tidak memiliki perbedaan yang besar. Saat anak memakai tas troli, geraknya lebih bebas seperti tidak membawa beban apapun, dibandingkan jika menggunakan tas ransel.

Jadi tas sekolah mana yang Anda pilih untuk buah hati? (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com