Pilihan Makanan Sehat untuk Menjaga Kesehatan Otak

Home / Gaya Hidup / Pilihan Makanan Sehat untuk Menjaga Kesehatan Otak
Pilihan Makanan Sehat untuk Menjaga Kesehatan Otak Ilustrasi Makanan Sehat. (foto: hellosehat)

TIMESBONTANG, JAKARTA – Berbagai penurunan fungsi kognitif dapat dijumpai pada siapa saja yang memasuki fase lansia. Kondisi yang umumnya terjadi misalnya demensia. Tetapi, dengan mengonsumsi makanan sehat untuk kesehatan otak, organ ini bisa berfungsi lebih optimal.

Berikut makanan yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan otak, dilansir dari Klik Dokter.

1. Blueberry

Konsumsi buah ini secara rutin dapat melindungi otak dari stres oksidatif sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit Alzheimer atau demensia.

Penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa diet kaya blueberry secara signifikan meningkatkan kapasitas belajar dan keterampilan motorik tikus yang menua. Selain itu juga membuat mereka secara mental setara dengan tikus yang jauh lebih muda.

2. Ikan salmon

Ikan merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk kesehatan otak. Salmon kaya akan asam lemak esensial omega-3, yang penting untuk fungsi otak dan baik untuk kesehatan pembuluh darah.

Selain salmon, ikan lain yang memberikan manfaat omega-3 adalah sarden dan herring.

3. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber vitamin E yang baik. Kadar vitamin E yang lebih tinggi berhubungan dengan fungsi kognitif yang lebih baik pada usia tua. Terdapat beberapa contoh kacang-kacangan yang dapat Anda konsumsi, seperti kacang kenari, hazelnut, almond, kacang mede, kacang tanah, dan biji bunga matahari.

4. Alpukat

Selain blueberry, alpukat juga dapat Anda pilih untuk menjaga kesehatan otak. Alpukat mengandung lemak sehat yang baik untuk kesehatan otak dan kesehatan pembuluh darah.

5. Gandum

Gandum merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Mengonsumsi makanan sehat ini akan melancarkan aliran darah ke otak. Jadi, Anda dapat mengganti asupan karbohidrat dengan gandum untuk menunjang kesehatan otak dan pembuluh darah.

Kesehatan otak dan pembuluh darah perlu dijaga untuk memastikan tubuh tetap sehat meski telah memasuki masa tua. Dengan mengonsumsi makanan sehat bernutrisi fungsi kognitif dan kesehatan otak Anda bisa terjaga dan tetap cemerlang hingga usia tua. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com