Berita Positif Dapat Tingkatkan Imunitas untuk Mencegah Covid-19

Home / Gaya Hidup / Berita Positif Dapat Tingkatkan Imunitas untuk Mencegah Covid-19
Berita Positif Dapat Tingkatkan Imunitas untuk Mencegah Covid-19 Pakar Psikologi media dan Kognisi Sosial dari Universitas Airlangga Surabaya, Rahkman Ardi, Selasa (31/3/2020). (FOTO: Istimewa)

TIMESBONTANG, SURABAYA – Penyajian berita-berita negatif terkait virus corona atau Covid-19 di berbagai media membuat masyarakat menjadi panik dan ketakutan. Pakar psikologi media dan kognisi sosial dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Rahkman Ardi mengatakan bahwa berita positif akan meningkatkan mood positif, kondisi postif membuat imunitas menjadi berfungsi optimal.

"Sebenarnya berita positif hanya akan meningkatkan mood positif kita saja. Sebaliknya berita media massa yang cenderung negatif akan cenderung menyebabkan seseorang memiliki mood negatif dan depresif," ungkap Ardi, Selasa (31/3/2020).

Ardi mengatakana bahwa di satu sisi banyak riset medis menunjukkan bahwa kondisi emosional dan mood seseorang akan berdampak juga pada imunitas tubuh kita. Jika mood seseorang cenderung negatif, pesimistik, dan depresif maka imunitas tubuh menurun.

"Sebaliknya optimisme akan berasosiasi secara positif terhadap penyesuaian psikologis dan fisik terhadap situasi stres. Dengan kata lain, imunitas kita akan lebih baik ketika kita berada dalam situasi stres saat kita punya positive mood dan optimis," ujar pria yang merupakan Kepala Departmen Psikologi Kepribadian dan Sosial Unair itu.

Menurutnya, apabila orang dibombardir berita yang negatif dan depresif terus-menerus akan menyebabkan mood seseorang menjadi negatif dan depresif. Sementara kondisi fisik terutama imunitas seseorang juga ditentukan oleh kondisi psikologis seseorang.

"Jika berita buruk terus diungkapkan terkait Covid-19, kematian dan seterusnya orang justru stress, cemas berlebihan, panik. Dampaknya imunitas menurun. Imunittas menurun justru berdampak pada kerentanan seseorang terkena penyakit," terang Ardi.

Sebaliknya jika berita soal Covid-19 ini sifatnya optimis atau berita positif, akan berdampak juga pada kondisi psikologis masyarakat yang juga positif. Kondisi psikologis yang positif ini membuat imunitasnya menjadi berfungsi optimal ketika menghadapi stressful events. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com