Cara Meningkatkan Imun Tubuh agar Terhindar dari Virus Corona

Home / Gaya Hidup / Cara Meningkatkan Imun Tubuh agar Terhindar dari Virus Corona
Cara Meningkatkan Imun Tubuh agar Terhindar dari Virus Corona Ilustrasi Meningkatkan Imun Tubuh. (foto: Istimewa)

TIMESBONTANG, JAKARTA – Penyebaran virus Corona atau Covid-19 masih terus meluas. Belum ditemukannya vaksin untuk mencegah virus ini membuat masyarakat panik. Kabar baiknya, virus ini pasalnya tidak mudah masuk pada orang dengan sistem imun tubuh yang kuat.

Nah, Anda bisa meningkatkan imun tubuh dengan cara-cara sederhana lho. Berikut adalah cara-cara alami yang bisa Anda lakukan untuk menjaga sistem imun atau daya tahan tubuh.

1. Mengonsumsi makanan bergizi

Konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan, dapat membantu tubuh melawan radikal bebas. Jika di dalam tubuh Anda banyak terdapat radikal bebas, kerja sistem imun bisa terganggu dan Anda jadi lebih mudah terkena infeksi virus Corona.

2. Berolahraga dengan rutin

Olahraga juga terbukti mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan meredakan peradangan. Namun, perlu Anda ingat, olahraga yang dilakukan secara teratur memiliki efek yang lebih baik terhadap sistem imun dibandingkan olahraga yang hanya sesekali. Jadi, sempatkanlah untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari.

3. Beristirahat yang cukup

Istirahat yang cukup sangat penting untuk pikiran dan tubuh Anda. Sistem kekebalan menghasilkan sel saat kita beristirahat. Tidur yang cukup dapat membuat tubuh Anda lebih kuat melawan paparan virus Corona.

Orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7–8 jam setiap harinya, sedangkan anak-anak memerlukan waktu tidur 10 jam atau lebih.

4. Mengelola stres dengan baik

Stres yang berkepanjangan dapat meningkatkan produksi hormon kortisol. Kadar hormon kortisol yang tinggi dapat mengganggu kerja sistem imun dalam melawan infeksi. Oleh karena itu, upayakan untuk mengelola stres dengan baik supaya sistem imun Anda tetap terjaga dan kuat melawan infeksi virus Corona.

5. Berhubungan suami isteri

Aktivitas seksual dapat berdampak positif pada sistem kekebalan tubuh. Menurut sebuah studi, dilansir dari On Health, orang yang berhubungan seks sekali atau dua kali per minggu memiliki tingkat imunoglobulin A (IgA) tertinggi dalam air liur mereka. IgA adalah molekul kekebalan yang membantu melindungi tubuh terhadap penyakit seperti flu.

5. Mengonsumsi suplemen

Untuk mencegah infeksi virus Corona, Anda juga dapat mempertimbangkan konsumsi suplemen yang dapat memperkuat daya tahan tubuh. Kandungan vitamin dan mineral dalam suplemen, dapat meningkatkan kinerja sistem imun tubuh dalam melawan infeksi yang disebabkan oleh virus maupun bakteri. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com