Anak Bertubuh Kurus? Makanan Sehat Ini Bisa Menaikkan Berat Badan Anak Lho

Home / Gaya Hidup / Anak Bertubuh Kurus? Makanan Sehat Ini Bisa Menaikkan Berat Badan Anak Lho
Anak Bertubuh Kurus? Makanan Sehat Ini Bisa Menaikkan Berat Badan Anak Lho Ilustrasi Menjaga Berat Badan Anak. (FOTO: foodforkids)

TIMESBONTANG, JAKARTA – Anak Bertubuh Kurus? Makanan Sehat Ini Bisa Menaikkan Berat Badan Anak Lho

Anak terlihat lebih kurus dari teman seusianya membuat orang tua sedikit khawatir. Bahkan, banyak yang mengaitkan anak kurus dengan kurang gizi. Tentu Anda tidak ingin mendengar anak Anda dikatakan kurang gizi, bukan? Nah, ternyata banyak lho cara menaikkan berat badan anak dengan mudah. Salah satunya adalah dengan konsumsi makanan sehat.

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini makanan sehat yang bisa diandalkan untuk menambah berat badan anak.

1. Telur

Dalam 100 gram telur terdapat 13 gram protein, vitamin A, dan B12 yang baik untuk pertumbuhan anak. Anda bisa menambahkan telur ke dalam menu makan sehari-hari, dengan cara yang bervariasi.

2. Pisang

Pisang termasuk sumber energi yang baik untuk tubuh. Satu buah pisang mengandung 105 kalori. Selain dikonsumsi langsung, Anda bisa mengolahnya menjadi makanan kesukaan anak seperti puding atau milkshake.

3. Alpukat

Buah ini juga dapat menjadi pilihan untuk menaikan berat badan anak. Alpukat mengandung lemak dan kalori yang baik untuk pertumbuhan anak. Buah ini juga menjadi sumber lemak yang lebih sehat, dibandingkan dengan makanan lainnya.

4. Oatmeal

Anda juga bisa menambahkan oatmeal ke daftar makanan penambah berat badan anak. Oatmeal kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Agar lebih lezat, campurkan oatmeal dengan susu dan buah.

5. Yoghurt

Makanan yang satu ini cukup disarankan karena yoghurt mudah dikonsumsi dan baik untuk kesehatan pencernaan. Agar manfaatnya lebih terasa sebaiknya konsumsilah yoghurt rendah lemak dan gula.

6. Keju dan Susu

Memberikan keju dan susu pun sangat dianjurkan, khususnya produk yang rendah lemak jenuh. Kedua jenis pangan ini baik untuk pertumbuhan tulang. Pemberian susu murni pun disarankan untuk anak-anak yang kekurangan berat badan karena kaya akan kalsium dan lemak yang baik.

7. Ayam dan daging 

Protein sangat penting untuk membangun otot-otot tubuh. Makanan yang mengandung protein seperti ayam dan daging, penting bagi pertumbuhan anak. 

8. Kentang

Makanan sehat lainnya untuk menaikan berat badan anak adalah kentang. Makanan ini mengandung asam amino seperti arginin dan glutamin, yang bagus untuk menaikkan berat badan anak. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com