8 Warga Terkonfirmasi Positif Covid-19 karena Transmisi Lokal Bontang

Home / Berita / Transmisi Lokal Bontang, 8 Warga Terkonfirmasi Positif Covid-19
Transmisi Lokal Bontang, 8 Warga Terkonfirmasi Positif Covid-19 Kadis kesehatan Bontang, Bahaudin saat konferensi pers virtual (FOTO: Ahmad Syahir/TIMES Indonesia)
Fokus Berita

TIMESBONTANG, BONTANG – Angka penderita Covid-19 di Bontang terus bertambah. Melalui konferensi pers virtual, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bontang dr Bahauddin mengkonfirmasi ada delapan warga positif, Minggu (09/08/2020) karena transmisi lokal Bontang.

Dr Bahauddin menjelaskan, delapan pasien yang telah diidentifikasi disebut kasus BTG-28, BTG-29, BTG-30, BTG-31, BTG-32, BTG-33, BTG-34, dan BTG-35. 

“Kasus BTG-28 merupakan laki-laki berusia 27 tahun, dan karyawan di salah satu perusahaan di Bontang,” ujarnya.

ia menambahkan, pada 13 Juli BTG-28 berangkat dari Bontang ke Samarinda dengan tujuan referral pengobatan dah carter mobil travel, bersama sopir. Masih pada hari yang sama, pasien menginap di Selica Hotel hingga tanggal 27 Juli.

Pada 24 Juli, pasien sempat bertemu dengan dokter penyakit dalam di RS AWS. Dua hari setelahnya atau 26 Juli, kakak pasien datang dari Balikpapan untuk menemani dan menjaga selama perawatan di Samarinda.

Pada 28 Juli, pasien pergi ke RSUD AWS untuk rangkaian pengobatan. Setelah itu, menginap di Hotel Senyiur. Esoknya, pasien pergi ke rumah keluarga di Samarinda Seberang daerah Rapak. Kemudian, berpisah dengan kakaknya 29 Juli menggunakan travel, bersama sopir dan kembali ke rumah di Bontang. Pada pukul 21.00 WITA pasien melakukan rapid test di RS swasta hasil non reaktif.

Satu hari berselang, pasien mulai demam. 31 Juli pukul 13.00 WITA pasien pergi ke UGD RS swasta dan dirawat. Pada 2 Agustus, kembali dilakukan pemeriksaan Swab PCR. 9 Agustus hasil swab dinyatakan positif. 

“Saat ini masih dirawat di RS Swasta, dan kondisi umum baik," ungkapnya. 

Sementara itu, lanjut dia, untuk ketujuh pasien lainnya, yakni BTG-29 hingga BTG-35 merupakan laporan dari tim gugus Covid-19 perusahaan sehingga belum masuk dikonfirmasi oleh Tim Gugus Covid-19 Provinsi Kaltim. 

Kendati demikian, dr Bahauddin sempat merincikan jika BTG-30 hingga BTG-35 masih kontak erat dengan BTG-29.

“Dengan adanya kasus BTG-29, dan ada kasus kontak erat yang positif juga, maka sudah terjadi kejadian transmisi lokal Bontang. Dan perusahaan ini merupakan klaster baru Covid-19 di Bontang,” ungkap Kadis Kesehatan Bontang, Bahaudin. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com