Kue Bolu Klemben, Jajanan Tradisional Wajib Saat Lebaran

Home / Berita / Kue Bolu Klemben, Jajanan Tradisional Wajib Saat Lebaran
Kue Bolu Klemben, Jajanan Tradisional Wajib Saat Lebaran Kue kering bolu kura-kura atau bolu klemben. (FOTO: Agung Sedana/ TIMES Indonesia)

TIMESBONTANG, BANYUWANGIKue kering bolu kura-kura atau biasa disebut bolu klemben merupakan salah satu jajanan kono di Banyuwangi, Jawa Timur yang wajib disajikan saat lebaran atau Idul Fitri tiba. Tak hanya rasanya yang nikmat, kue kering berbentuk cangkang kura-kura ini juga banyak jadi incaran karena harganya yang murah.

Agar legitnya semakin menggigit di lidah, kebanyak orang menambahkan beberapa varian rasa. Diantaranya, sensasi rasa jahe, durian dan sirsak dan rasa susu.

Penasaran dengan rasanya ? Tak perlu khawatir kehabisan stok, meski di masa pandemi Covid-19 ini banyak masyarakat yang masih menjalankan usaha produksi jajanan lebaran satu ini. Untuk 1 kantong berisi 50 biji sudah bisa dipinang dengan mahar Rp 19 ribu sampai Rp 22 ribu rupiah saja.

Salah satu pengusaha UMKM di Desa Wringinputih, Kecamatan Muncar, Banyuwangi ini mengaku telah melakukan usaha produksi kue bolu kura-kura selama puluhan tahun lamanya. Bahkan di masa pandemi ini, permintaan kue bolu kura-kura ini justru meningkat tajam dibandingkan tahun sebelumnya.

“Mendekati lebaran ini permintaan justru terus meningkat. Kami malahan sampai kuwalahan,“ kata Nur Hadi kepada TIMES Indonesia, Jumat (22/5/2020).

Dalam hitungan hari saja, Nur Hadi mengaku sudah menghabiskan sekitar 50 sak tepung. Menurutnya, permintaan pasar untuk kue kering di masa pandemi ini sangatlah luar biasa. Situasi seperti ini membawa sedikit berkah bagi pengusaha UMKM seperti dirinya.

“Sampai sekarang ada 50 sak tepung yang kita habiskan. Ini belum lagi gula, telur dan bahan-bahan kue kering lainya,” ungkapnya.

Cara membuat kue bolu kura-kura ini terbilang mudah. Bahan yang dibutuhkan pun juga tersedia dipasaran. Bahan yang perlu disiapkan yakni,

400 gram tepung terigu

5 butir telur ayam

400 gram gula pasir

Setengah sendok the bubuk vanili

Garam secukupnya

Margarin/ mentega

Cara membuatnya, pertama sangrai terlebih dahulu tepung terigu bersama dengan daun pandan dua lembar, gunakan api sedang. Tujuannya agar tekstur tepung bisa terpisah secara sempurna dan tidak menggumpal. Selanjutnya angkat dan biarkan dingin.

Sembari menunggu tepung dingin, kocok telur dan gula pasir menggunakan adukan kue ke dalam sebuah wadah hingga mengembang dan terlihat lembut.

Kemudian campurkan bubuk vanili bersama garam secukupnya dan kocok secara manual atau bisa menggunakan mixer hingga benar - benar merata. Kemudian tambahkan tepung yang sudah disangrai sebelumnya dan kocok kembali.

Apabila adonan terlihat sudah mengental, tuanglah adonan ke dalam cetakan bolu kura-kura. Jangan lupa untuk mengolesi margarin yang sudah dicairkan dahulu ke dalam cetakan. Tak perlu banyak olesan margarin, cukup hanya sedikit saja.

Setelah dituang, langkah selanjutnya yaitu panggang ke dalam oven. Gunakan suhu sekitar 150 derajat Celcius, tunggu hingga matang dan mengembang. Kue yang matang sempurna, memiliki warna kuning.

Sudah terbayang bukan seperti apa nikmatnya kue kering bolu kura-kura atau bolu klemben ini? Jangan lupa menyajikan di rumah saat lebaran idul fitri atau bisa mencoba dengan menggunakan resep di atas. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com