Indikator
  • Undercontruction

Pariwisata dan E-Commerce Paling Strategis di 2018

Home / Wisata / Pariwisata dan E-Commerce Paling Strategis di 2018
Pariwisata dan E-Commerce Paling Strategis di 2018 ILUSTRASi: Kawasan hunian untuk Pariwisata dan E-Commerce. (FOTO: mursyidalharamain)

BONTANGTIMES, JAKARTA – Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Indonesia mengungkapkan, ada dua sektor sangat strategis dalam investasi sepanjang tahun 2018 ini. Kepala BKPM Thomas Lembong mengatakan, dua sektor paling strategis itu adalah pariwisata dan e-commerce.

“Pariwisata dinilai strategis karena hasilnya cepat. Dampak berupa lapangan kerjanya cepat, penghasilan devisanya jalan, dan sektor jasa juga meningkat karena semua layanan pariwisata dilakukan oleh manusia, jadi menghasilkan lapangan kerja,’’ jelasnya usai rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (5/12/2018) malam.

Sektor strategis kedua adalah e-commerce. Berdasarkan perhitungan BKPM, tahun 2017 total investasi ke commerce itu lebih dari 5 miliar dollar AS.

“Itu artinya, separuh dari jumlah investasi di sektor migas di tahun 2016. Jadi nilainya besar sekali, pertumbuhannya tinggi sekali. Perhitungan saya kira-kira 50-80 persen year on year. Jadi ini sesuatu yang harus kita dukung,” kata Thomas.

Menurutnya, target e-commerce tahun ini cukup beragam. Ia menyebutkan, banyak sekali yang masuk dari Tiongkok, seperti Alibaba. Ada juga Tencent yang kabarnya mau masuk ke Gojek. Selain itu, cukup banyak dari ventura-ventura Silicon Valley Amerika.

“BKPM juga sedang mengupayakan supaya lebih banyak lagi masuk dari Eropa dan Jepang,” sambung Thomas. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com