Indikator
  • Undercontruction

Awas, Pakai Maskara Setiap Hari Sebabkan Infeksi

Home / Gaya Hidup / Awas, Pakai Maskara Setiap Hari Sebabkan Infeksi
Awas, Pakai Maskara Setiap Hari Sebabkan Infeksi ILUSTRASI. Maskara membuat bulu mata lebih tebal dan lentik. (Foto: rd.com)

BONTANGTIMES, JAKARTA – Maskara menjadi salah satu perlengkapan make up yang harus dimiliki para wanita. Maskara merupakan "senjata" agar bulu mata lebih lentik dan tebal. Namun, di balik kelebihan maskara yang bisa mempercantik penampilan Anda setiap hari, Anda tetap harus hati-hati. Pasalnya, pemakaian maskara yang terlalu sering bisa menimbulkan beberapa risiko. Dilansir dari Hello Sehat, ini bahaya menggunakan maskara setiap hari.

Bulu Mata Rontok
Maskara waterproof (tahan air) bikin bulu mata Anda tetap sempurna seharian. Namun, tahukah Anda jika penggunaan maskara waterproof setiap hari hanya akan membuat bulu mata rontok?

Hal ini terjadi karena produk kecantikan yang tahan air mengandung bahan kimia yang menyebabkan bulu mata jadi lebih kaku. Akibatnya ketika dibersihkan, Anda membutuhkan sedikit usaha untuk menghilangkan bekasnya. Hal ini berisiko membuat bulu mata lebih rentan rontok. 

Sarang Jamur dan Bakteri
Tanpa disadari, tempat maskara Anda adalah lingkungan yang lembab dan gelap, sudah terkontaminasi dengan air mata beserta keringat sehari-sehari yang dipindahkan melalui kuas ke dalam tabung. Lingkungan seperti ini menciptakan tempat yang nyaman bagi bakteri dan jamur untuk tumbuh dan berkembang biak.

Kebiasaan malas membersihkan make up di area mata juga dapat menyebabkan bulu mata menjadi tempat yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak sehingga bisa memicu gatal-gatal. Bahkan, hal ini juga bisa membuat jamur berwarna keputihan muncul dan memicu kelopak mata mengalami alergi.

Infeksi
Sebuah studi yang dilakukan oleh International Journal of Cosmetic Science yang meneliti 40 sampel maskara menemukan bahwa 79 persen dari sampel tersebut terkontaminasi bakteri staph yang menyebabkan infeksi staph pada mata. Infeksi staph adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus sp. 

Gejalanya antara lain muncul ruam atau bisul di area mata atau wajah Anda. Tak hanya di area mata, infeksi bakteri ini juga bisa menyebar ke bagian wajah Anda yang lain. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com